Moment of Truth

September 2, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

(Intervensi Tuhan dalam Hidup Kita Memampukan Kita jadi Pemenang)

Sharing by Ps. Olga Siahaan

Ibadah Raya,23 Agustus 2009

clip_image002

The creative healing and miracles for the glory of the LORD! Perkataan ini tidak saja merupakan visi gereja kita tetapi juga merupakan berkat bagi setiap kita yang mendengarnya,memperkatakannya dan mengimaninya.

Ada banyak hal dalam hidup kita yang perlu disembuhkan/dipulihkan supaya kita pada akhirnya menjadi mempelaiNYA yang tak bercacat cela,mempelai yang sesuai dengan keinginan hatiNYA. Tuhan memulihkan hidup kita seperti:

  1. Mental kita (luka-luka bathin kita dipulihkan supaya kita lebih lagi bergerak sesuai dengan kehendakNYA dalam hidup kita).
  2. Berkat-berkat yang hilang dikembalikan dalam hidup kita (Yoel 2:25-28).
  3. Hubungan dalam perkawinan,keluarga besar,pekerjaan dan lain-lainnya juga pasti Tuhan pulihkan.
  4. Di segala aspek hidup kita Tuhan pasti campur tangan.

Teruslah kita perkataan dan imani apa yang telah Tuhan janjikan dalam hidup kita. Tuhan selalu menapati janji-janjiNYA tetapi kitalah yang bisa membatalkan hal itu jika kita tak berjalan sesuai dengan kehendakNYA.

Tuhan adalah omni present , kita sudah tahu akan hal ini , dan saat “Moment of Truth”/Saat kebenaran (intervensi)NYA dinyatakan lebih lagi dalam hidup kita-Yesaya 55:6, saat kita sadari akan waktu-waktu khusus/perkenanNYA ini terjadi dalam hidup kita maka akan ada suatu perubahan yang terjadi dalam hidup kita.

Waktu dalam bahasa Yunani ada dua arti yaitu:

  1. Chronos: refers to chronological or sequential (urutan waktu bumi).
  2. Kairos: the right or opportune moment (the supreme moment). Kairos is used in theology to describe the qualitative form of time. In rhetoric kairos is "a passing instant when an opening appears which must be driven through with force if success is to be achieved."[2] In the New Testament kairos means "the appointed time in the purpose of God", the time when God acts (e.g. Mark 1.15, the kairos is fulfilled). -Source from Wikipedia- (suatu peristiwa penting yang terjadi/the time when God acts).

Yesaya 55:6 menerangkan waktu kairos. Penulisan silsilah dalam alkitab menunjukan (cycles of life) dimana ada moment yang Tuhan nyatakan dalam setiap silsilah. Ada kehendakNYA yang Tuhan nyatakan dalam setiap silsilah dari umat pilihanNYA.

Dalam hidup manusia ada siklus kehidupan/cycles of life. Maxwell katakan bahwa manusia dalam umur 0-70 tahun alami moments of truth/waktu-waktu khusus dimana Tuhan men-intervensi hidup manusia setiap 10 tahunnya.

Paulus dalam perjalanannya ke Damsyik bertemu dengan Tuhan dan ini dapat dikatakan sebagai moment of truth yang dialami Paulus dalam hidupnya. Paulus mengalami intervensi Illahi sehingga hasilnya adalah perubahan dalam hidup Paulus yang dratis. Petruspun demikian saat pertemuannya dengan Tuhan Yesus setelah kematianNYA di kayu salib membuat Petrus alami pemulihan dari penyangkalannya akan hubungan dan pelayanannya dengan Tuhan Yesus. Intervensi Illahi yang dialami baik oleh Paulus,Petrus dan murid-murid Tuhan yang lainnya mampu mengubahkan kehidupan mereka dan mereka mengambil langkah yang benar yaitu mengikuti kehendak Tuhan supaya terjadi dalam hidup mereka.

Ada ungkapan sebagai berikut : “from Zero to Hero” dari yang biasa saja menjadi yang luar biasa,seperti kisah berikut ini:

George Charles Boldt (1851 – 1916) keturunan Prusia. Diusia 13 tahun,George emigrasi ke United State dan bekerja di dapur sebuah hotel dan memiliki keberhasilan. George lalu berangkat ke Texas untuk mengelolah sebuat ranch dan dari sini dimulailah perjalanannya yang jauh dari pada keberhasilan yang dia bayangkan sehingga George terpaksa harus kembali ke New York dan kemudian kembali bekerja di restaurant Parker. Keberhasilan demi keberhasilan mulai dia raih sehingga akhirnya dia bisa memiliki beberapa hotel seperti the Bellevue and the Stratford Hotels.

Suatu hari kota New York dipenuhi suatu acara yang banyak mengundang tamu-tamu dari berbagai penjuru kota sehingga banyak hotel penuh. Ada sepasang suami isteri yang lanjut umurnya dan berusaha menginap dihotel milik George ini karena mereka salah memilih hari untuk datang ke New York sehingga tidak mendapat kamar hotel untuk menginap. Melihat hal ini, George memberikan kamar tidurnya untuk ditinggali oleh pasangan tua ini sampai esok harinya supaya George bisa istirahat dan kembali bekerja setelah itu. Hal ini ditanggapi dengan baik oleh pasangan ini. Keesokan harinya kedua pasangan ini akhirnya meninggalkan New York. Beberapa hari kemudian George menerima undangan ke sebuah hotel berbintang lima yaitu hotel Waldorf. George memenuhi undangan ini dan datang menemui orang yang menundang George. Ternyata pasangan tua yang George tolong adalah pemilik dari hotel mewah ini. Sikap dan perhatian George menarik hati mereka sehingga mereka mempercayakan George untuk mengelola hotel mewah milik mereka ini.

George memulai dari zero dan menjadi hero pada akhirnya karena memiliki disiplin dan hati yang mulia sehingga Tuhan tak menutup mata akan hal ini dan melimpahkan keberhasilan demi keberhasilan dalam hidupnya.

Evander Holyfiel lahir tgl 19 Oktober 1962, Evander lahir dengan tubuh yang lemah karena memiliki jantung yang lemah, namun karena disiplin dan iman yang kuat dia menjadi seorang petinju profesioan dari amerika dan memiliki banyak kemenangan dalam kelas cruiser dan berat sehingga dijuluki sebagai “ The real deal”. Dia satu-satunya petinju yang memenangkan tinju kelas berat sebanyak empat kali. Filipi 4:13 “Segala perkara dapat kutanggung didalam DIA…” adalah ayat alkitab yang dia sering ucapkan sebagai pendorong semangat/hidupnya.

BAPA mulai mengubah kehidupan Tuhan Yesus ketika berusia 30 tahun (intervensi Bapa ke Anak). Sejak itu Tuhan mulai lakukan pelayanannya sesuai dengan apa yang BAPA mau lebih lagi Tuhan Yesus lakukan.

Pastikanlah kita hidup dalam kehendakNYA,tetap menjaga apa yang Tuhan berikan kepada kita. Moment of truth/intervensi Illahi yang terjadi dalam hidup kita haruslah kita jaga dengan benar/miliki takut akan Tuhan (bukan roh ketakutan).

Daud diusianya yang sangat muda telah mengalami moment of truth/intervensi Illahi dalam hidupnya. Daud memenangkan pertandingan dengan Goliat karena Daud mempersiapkan dirinya dari pekara yang kecil. Daud mendisiplin dirinya dalam memegang tangung jawab yang orang tuanya berikan kepadanya,menjaga sedikit kambing dan domba dari serangan singa dan beruang.

Kitapun bisa lihat dan alami intervensi Illahi/moment of truth ini berkali-kali saat :

1. Kita rindu akan moment of truth/intervensi Illahi terjadi dalam hidup kita.

2. Tunggu waktu Tuhan (rindu terus akan campur tanganNYA terjadi dalam hidup 

     kita).

Persiapan sebelum alami moment of truth:

Miliki pola hidup yang benar dan berkenan kepada Tuhan (1 samuel 16:13) :

Seperti Daud:

a) Kemerah-merahan : Daud seperti anak kecil yaitu penuh sukacita dan mudah 

     percaya.

b) Mata indah : Daud mempunyai visi yang jelas karena beriman kepada Tuhan.

c) Paras elok : Daud memiliki gambaran hati yang baik sehingga terpancar pada

     wajahnya, ada kehidupan/semangat yang keluar dari dalam hatinya.

Setia terhadap penugasan/tanggung jawab (1 samuel 17:12-20, 34-35,28) :

Kalau kita mau lihat Tuhan intervensi kita berkali-kali maka setialah dengan iman,pelayanan dan hal-hal yang Tuhan taruh dalam hidup kita.

Setia: Kita ada pada saat yang sudah kita janjikan/commit karena Tuhan intervensi hidup kita pada saat itu.

Apakah kita bertanggung jawab atas setiap yang telah kita terima baik terhadap hidup kita dan hidup orang-orang yang berada dilingkungan kita juga.

Tuhan Yesus setia dengan kita, DIA selalu tunggu kita untuk lakukan yang seharusnya kita lakukan. Waktu kita setia dalam doa-doa kita, pujian kita,penyembahan kita dan seterusnya itu semua Tuhan perhatikan. Orang yang setia adalah orang yang tekun.

Melatih diri dan kepercayaan kepada Tuhan, 1 samuel 17:34-37,45-47 :

Daud latih dirinya kepada Tuhan. Kita kalau mau lihat jawaban Tuhan kita harus latih kehidupan kita supaya terus berkenan kepada Tuhan. Latihan badani terbatas adanya tetapi latihan roh tak terbatas adanya! Latihan iman berlangsung setiap hari adanya. Saat melatih rohani kita adalah saat intim dengan Tuhan dan kita akan lihat intervensi Tuhan dalam hidup kita. Latihlah terus hidup kerohanian kita terlebih karena kekeristenan pada dasarnaya adalah waktu kita berharap hanya padaNYA.

Mari responi setiap Firman Tuhan yang kita dengar dengan sikap hati yang benar.

Tuhan Yesus memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note