Habakuk

September 3, 2009 - Author: admin - Comments are closed

Habakuk3D

Pdm. DR. Agnes Maria Layantara, M.A.,
Maranatha Krista Media, 2008, 73 halaman

Kita mengenal Nabi Habakuk sebagai orang yang luar biasa. Dia mengajar kita untuk mengucap syukur senantiasa di dalam segala hal. Ucapannya yang sangat terkenal terdapat di dalam Habakuk 3:17-18 : “Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku”

Kita lihat begitu bermakna, begitu dalam dan begitu relevannya ucapan Nabi Habakuk itu. Baik kita sebagai kaum profesi, businessman maupun ibu rumah tangga mendapatkan manfaat besar dari ucapan Nabi Habakuk itu. Bagaimanapun kondisi kita terpuruk sekalipun, kita tetap diminta untuk bersyukur. Bukan berarti kita bersyukur karena kita terpuruk. Kita diminta tetap bersyukur walaupun kita terpuruk agar kita bisa bangkit kembali.

Buku Habakuk ini memberikan kita pemahaman yang lebih komprehensif terhadap kitab Habakuk ini. Kita bukan hanya mendapatkan pengertian dan wawasan baru terhadap kitab ini, tetapi juga mendapatkan langkah-langkah praktis untuk menerapkannya di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kita juga belajar bagaimana sikap dan reaksi yang benar di tengah kesesakan dan keterpurukan, dari itu semua ada janji Tuhan bahwa Dia tidak akan tinggal diam dan akan memberikan pembelaan asalkan kita menjadikan Allah kekuatan kita. Banyak diantara kita berkata di tengah keterpurukan serasa Tuhan itu jauh tetapi sebenarnya Tuhan tidak pernah menjauh dari kita, malahan kitalah yang memilih menjauh dari Tuhan. Yang membuat kita jauh dari Tuhan adalah dosa dan pelanggaran kita.

Di dalam buku Habakuk ini dibahas mengenai pelanggaran-pelanggaran yang mendatangkan kutuk yang ditulis dalam Habakuk 2:6-20. Apabila diantara kita sedang melakukan kesalahan dari kelima pelanggaran ini yaitu keserakahan, merancangkan cela, mendirikan kota atas dasar kejahatan, menghina dan mempermalukan tetangga-tetanggamu dan menyembah berhala, biarlah kita bertobat.

Marilah kita sama-sama belajar, membaca, memahami dan mempraktekkan Kitab Habakuk.

Tuhan Yesus memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh admin

Categories: Book