Mengasihi Tuhan

September 5, 2009 - Author: chrisye - Comments are closed

Sharing by Pastor Surjadi Sunarko

Ibadah Raya, 30 Agustus 2009

Tanamlah kasih dengan segenap hati karena akan menuai kasih selama-lamanya. Menanam kasih berbeda dengan menanam tanaman karena tanaman akan tergantung oleh musim berbuahnya sedangkan kasih adalah selamanya. Tuhan kita tidak hanya memiliki kasih tapi DIA adalah kasih itu sendiri. Memiliki DIA berarti kita harus mencerminkan sifat-sifat yang DIA miliki dan kasih adalah salah satu sifatNYA.

Markus 12:30-31

JesusChildren-08 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

Marilah kita belajar untuk melakukan apa yang Tuhan mau kita lakukan dan belajar mengasihi adalah yang DIA mau kita lakukan.

Hukum yang pertama dikatakan untuk kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati jadi tidak ada yang boleh lebih nomer satu/pertama dalam hidup kita selain DIA.

PROSKUNEO-Menyembah dengan Cinta

Yohanes 4:23

“Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.”

Menyembah dengan cinta yang tulus (menyembah dalam Roh dan Kebenaran).

Proskuneo dapat dijelaskan bagaimana kasih dan perhatian Tuhan terhadap bangsa diluar bangsa pilihannya. Kita ketahui bahwa bangsa Israel dulunya adalah bangsa yang sangat bangga akan kebangsaannya sehingga menganggap bangsa lain sebagai bangsa yang tak layak. Bangsa Israel dulunya menganggap bahwa bangsa lainnya selain bangsa Israel adalah suatu yang najis seperti hewan.

Kita mulai dapat mengerti kisah didalam alkitab tentang perempuan siro fenicia yang anak perempuannya kerasukan setan. Markus 7:25-30 Dikatakan disitu oleh Tuhan bahwa “Biarlah anak-anak (bangsa kepunyaanNYA/bangsa Israel) kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing (Bangsa lain selain Bangsa Israel).Tetapi perempuan itu menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak."

Perempuan Siro-Fenicia ini tak marah dan tak mudah menyerah, perempuan ini memiliki Proskuneo ke Tuhan. Perempuan ini memiliki hati yang sesungguhnya Tuhan kehendaki ada pada umat pilihanNYA. Secara kasat mata dan terdengar sepertinya Tuhan tak member tanggapan akan apa permintaan dari perempuan ini tetapi kita tahu bahwa Tuhan kita senang menguji setiap kita.

Tuhan tak dapat ditipu dan dimanipulasi, Proskuneo dari perempuan Siro-Fenicia ini membuat Tuhan jatuh hati sehingga Tuhan berperkara baginya, pembelaan Tuhan dinyatakan karena sikap hati dari wanita ini ke Tuhan tak berkesudahan. Anak dari perempuan inipun disembuhkan karena sikap hati dari wanita ini ke Tuhan adalah tulus/segenap hati adanya.

Proskuneo dapat dijelaskan juga seperti pada kisah dialkitab yaitu penjahat yang clip_image002disalibkan dengan Tuhan Yesus. Ada dua penjahat yang disalibkan bersama dengan Tuhan Yesus. Kedua penjahat ini sudah mendengar apa yang Tuhan sudah banyak lakukan didalam pelayananNYA didunia. Sikap hatilah yang akhirnya menentukan kedua destini/tujuan dari kedua penjahat ini (baca di Lukas 23:39-43).

Penjahat yang disalibkan dengan Tuhan Yesus sudah tidak melihat hal-hal mujizat lagi yang Tuhan Yesus dapat lakukan tetapi sikap hati yang benar dari salah satu penjahat inilah yang membuat dirinya diingat oleh Tuhan Yesus.

PROSKUNEO-Menyembah dengan Jiwa

Dengan segenap Jiwa (ekspresi,emosi dan perasaan), saat Tuhan nyatakan untuk kita mengasihi DIA dengan segenap hati dan segenap jiwa maka DIA mau seutuhnya untuk DIA. Sikap kita dalam meresponi Tuhan menentukan masa depan kita. Marilah kita mengasihi Tuhan dengan segenap ekspresi,segenap emosi dan segenap perasaan kita. Jangan batasi hati dan jiwa kita dalam menyatakan kasih kita kepadaNYA. DIA sudah nyatakan kasihNYA kepada kita dengan memberikan anakNYA yang tunggal untuk menebus kita dari belenggu dosa dari cengkraman iblis. Marilah kasih Tuhan kita dengan segenap hati dan segenap jiwa.

PROSKUNEO-Mengasihi Tuhan Allah dengan Akal budi

Maksudnya disini adalah saat kita dalam hadiratNYA maka pastikan kita fokus akan DIA,jangan ada pikiran yang melayang-layang,rencana-rencana yang mendahului perjumpaan kita dalam hadiratNYA. Jangan ada hal-hal lain dalam pikiran kita selain DIA,Tuhan kita. Segenap/sepenuhnya kita fokuskan/pusatkan perhatian/akal budi kita padaNYA.

PROSKUNEO-Mengasihi Tuhan Allah dengan Segenap Kekuatan

Tuhan Yesus adalah kekasih hati kita yang setia,DIA terus nantikan perjumpaan dengan kita setiap saat. Tuhan mau kita jalin hubungan denganNYA dengan segenap hati,jiwa,akal budi dan segenap kekuatan kita. Kita harus kalahkan kedagingan kita, kita tidak saja harus terus latihan badahi tapi juga rohani. Roh Kudus akan memampukan kita saat kita memberikan hak penuh hidup kita kedalam tanganNYA. Dahulukan Tuhan dalam hidup kita dan trus bangun keintiman denganNYA.

Ada bagian Tuhan dan ada bagian kita, semuaNYA Tuhan perhitungkan. Tuhan terlebih dahulu mengasihi kita dan DIA sudah nyatakan kasihNYA melalui anakNYA yang tunggal yaitu Tuhan Yesus tuk mengantikan kita di kalvari.

Proskuneo kepada Tuhan kita dengan segenap hati,segenap jiwa,segenap akal budi dan segenap kekuatan kita. Tuhan tak pernah terlelap, DIA selalu ada untuk kita.

Tuhan Yesus memberkati.

 

5 artikel terakhir oleh chrisye

Categories: Sermon Note